17
Okt
09

VISA BELAJAR & IJIN TINGGAL NEGARA SWISS

Jika para pembaca ada yang ingin mengunjungi negara Swiss baik untuk keperluan kunjungan wisata, bisnis, atau sekolah, untuk mempermudah, kami sengaja menulis tentang tata cara dan prosedur untuk mengajukan visa yang berdasar dan bersumber pada website resmi pemerintah Swiss di, http://www.eda.admin.ch
Baik jika pembaca ingin sekolah atau kuliah di negara Swiss berikut langkah dan prosedur yang harus diikuti, semua calon mahasiswa/i yang masuk ke negara Swiss dengan tujuan untuk belajar dan kuliah diharuskan memiliki VISA STUDENT (SCHENGEN) untuk bisa masuk dan mulai tinggal dan kuliah di Swiss. Pendaftaran dan aplikasi Visa dilakukan langsung di Kedutaan Besar Swiss untuk Indonesia, yang berada di Jakarta. Visa Student yang diberikan memiliki masa berlaku berkisar 1-3 bulan dan Visa tersebut digunakan calon mahasiswa untuk bisa masuk ke negara Swiss. Setibanya di Swiss, maka pihak sekolah/institusi akan membantu dalam proses pengajuan ijin tinggal sementara yang berlaku selama 1 (satu) tahun guna keperluan studi/belajar.

Berikut adalah prosedur pendaftaran dan aplikasi untuk mendapatkan Visa Student ke negara Swiss:

• Memastikan bahwa calon mahasiswa telah menerima

mendaftarkan diri mereka ke calon institusi pendidikan yang telah dipilih dan ditentukan di Swiss, dan kemudian telah menerima Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LOA) dari institusi tersebut. Pada umumnya, untuk bisa mendapatkan Surat Penerimaan sebagai mahasiswa di institusi yang dituju, calon mahasiswa terlebih dahulu diharuskan untuk membayar uang pendaftaran (registration fee) sebagai bukti bahwa calon mahasiswa telah memastikan pilihan mereka.

• Lengkapi dokumen-dokumen pendidikan lainnya yang

diperlukan untuk pendaftaran Visa Student Swiss, yang terdiri dari:

o Photo ukuran passport (4×6) berwarna, diharapkan berlatar belakang putih sebanyak 4 (empat) lembar.
o Passport Asli calon mahasiwa yang masih berlaku minimal 6 (enam) bulan.
o Fotokopi STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) untuk lulusan SMU dan sederajat ATAU fotokopi sertifikat/diploma terakhir untuk mahasiswa pindahan/transfer student.
o Fotokopi Sertifikat TOEFL/IELTS ATAU Sertifikat dari Lembaga Kursus Bahasa Inggris yang bonafide, untuk menerangkan bahwa calon mahasiswa telah memiliki tingkat kemampuan berbahasa Inggris dengan baik guna melanjutkan studi di Swiss.
o Surat Referensi dari Bank, yang menjelaskan dan menerangkan bahwa orang tua dari calon mahasiswa tersebut adalah benar nasabah dan pemilik rekening di Bank tersebut dan akan mensponsorkan putra/putri-nya untuk melanjutkan studi ke Swiss.
o Surat Keterangan Sehat (Medical Letter) dari Dokter.
o Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian.
o Bukti Reservasi Tiket Pesawat (pulang-pergi), bukan tiket pesawat melainkan bukti reservasi-nya saja yang diperlukan. Untuk hal ini, dapat menghubungi Biro Perjalanan Wisata/Travel Agent anda untuk pengurusan reservasi tiket pesawat ini.
o Fotokopi Surat Referensi Kerja, jika pernah bekerja atau melakukan internship/praktek kerja magang sebelumnya.
o Riwayat Hidup (Curriculum Vitae) calon mahasiswa.

• Untuk dokumen-dokumen yang disebutkan pada persyaratan diatas, diharuskan untuk menyiapkan 3 (tiga) set fotokopi dari dokumen tersebut, dikarenakan calon mahasiswa diharuskan mengisi 3 (tiga) set formulir pendaftaran Visa Student (Schengen) untuk Swiss, dan setiap formulir dilengkapi dengan persyaratan dokumen tersebut.

• Kami menyarankan untuk bisa mengambil formulir pendaftaran Visa tersebut beberapa hari sebelum datang ke Kedutaan Swiss untuk pengajuan, dikarenakan faktor persiapan yang baik dan benar sangat penting untuk diterimanya aplikasi Visa calon mahasiswa.

• Biaya pengurusan Visa Student untuk Swiss adalah sebesar Euro 66,- (harga dapat berubah sewaktu-waktu) dan aplikasi Visa yang ditolak maka biaya pengurusan diatas TIDAK dikembalikan (hangus).

• Lamanya proses aplikasi Visa Student sampai dengan disetujui atau ditolak adalah sekitar 45 – 60 hari kerja.

• Disarankan untuk melakukan aplikasi Visa paling lambat 2-3 bulan sebelum tanggal masuk kuliah.

Mengingat proses pengurusan dan aplikasi Visa Student untuk Swiss memakan waktu rata-rata sekitar 45 – 60 hari kerja, mohon untuk bisa menentukan waktu dan tanggal yang tepat pengajuan aplikasi Visa sebelum kuliah dimulai. Proses aplikasi Visa Student untuk bisa masuk ke negara Swiss sangat ketat, oleh karena itu, setiap calon mahasiswa diharuskan meneliti kembali dokumen dan persyaratan yang diperlukan apakah sudah memenuhi ketentuan yang diminta oleh Pihak Kedutaan.

Setibanya calon mahasiswa di Swiss, maka prosedur selanjutnya adalah pengurusan ijin tinggal sementara untuk kategori belajar/student. Proses pengurusan pada umumnya dilakukan oleh sekolah/institusi yang bersangkutan dan proses pengurusan memakan waktu sekitar 14 hari kerja. Setelah proses tersebut selesai, maka mahasiswa akan diberikan ijin tinggal sementara (B-Permit) yang berlaku untuk 1 (satu) tahun selama masa kuliah/belajar. Kartu Ijin Tinggal Sementara (B-Permit) ini merupakan identitas pengganti passport selama mahasiswa tersebut tinggal dan belajar di Swiss, sehingga tidak perlu membawa passport kemanapun mahasiswa tersebut pergi atau beraktifitas.
Perlu diingat bahwa ijin tinggal sementara (B-Permit) tersebut tidak memperbolehkan mahasiswa untuk bekerja full-time (penuh waktu) selama proses kuliah berlangsung. Masa atau waktu untuk bekerja full-time (penuh waktu) diberikan pada waktu internship atau kerja magang yang telah ditentukan, yakni setelah semester kuliah di institusi tersebut berakhir.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai proses aplikasi Visa Student (Schengen) ke Swiss, bisa mencoba akses di website resmi Pemerintah Swiss untuk Federal Department of Foreign Affairs di http://www.eda.admin.ch

Terimakasih semoga bermanfaat.

Mohon masukan dan kritiknya.


0 Responses to “VISA BELAJAR & IJIN TINGGAL NEGARA SWISS”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: